Posted by : Rhyf Ahmad Thursday, March 01, 2012

Setelah beberapa waktu yang lalu saya sempet memposting Optimalisasi Windows bagian pertama, kali ini saya akan berbagi tips lagi nih sobat Blogger, ya walaupun tidak banyak yang bisa saya sampaikan, namun setidaknya bisa bermanfaat bagi sobat-sobat Blogger yang menginginkan perawatan untuk Windowsnya yang relatif lebih murah dari perawatan di bengkel-bengkel resminya. Bahkan untuk seterusnya sobat mendapatkan perawataan ini secara GRATIS....

Berikut adalah langkah-langkah mudah yang bisa sobat gunain untuk mengoptimalkan kinerja Windows.
  • Membersihkan Junk File
    Apa itu junk file? Junk file merupakan file-file yang sudah tidak terpakai atau file-file yang tercipta setelah pengoperasian sebuah program. Misalnya kita menggunakan browser seperti Mozilla Firefox untuk menjelajah Web, maka file-file yang sudah tidak terpakai yang tercipta setelah menggunakan Firefox tersebut berupa file-file cache, dan jika tidak segera dibersihkan maka akan berakibat pada kinerja Firefox itu sendiri, terlebih pada PC kita. Junk file juga bisa berupa System Temporary File (*.tmp). Untuk membersihkan file-file tersebut, sobat bisa menggunakan tool Disk Cleanup yang disediakan oleh Windows yang bisa dibuka melalui Start Menu->Accessories->System Tools dan pilih Disk Cleanup. Cara lain adalah dengan menggunakan Third Party Software semisal CCleaner.
Disk Cleanup
CCleaner Disk Cleaner
  •  Membersihkan Registry Windows
    Registry? Apaan tuh? Jika diibaratkan komputer adalah seorang manusia, registry mirip sebagai urat-urat syaraf yang mengirimkan komando dari pusat pengolah (CPU/Otak) menuju bagian yang akan dikomandoi, jika ada beberapa bahkan banyak registry yang salah atau error, maka kinerja Windows akan terganggu dan tidak maksimal. Cara mudah untuk membersikan registry Windows adalah dengan menggunakan software pihak ketiga, bisa menggunakan CCleaner, Advanced System Care, atau bahkan dengan menggunakan Antivirus buatan Indonesia, Smadav.
CCleaner Registry Cleaner
Smad Registry Cleaner
  • Lakukan Defragmentasi
    Ini adalah salah satu hal yang mungkin sering tidak diperhatikan oleh para pengguna Windows, defragmentasi cukup penting dilakukan untuk mengembalikan susunan file-file yang terkena proses fragmentasi. Sehingga jika file-file yang tadinya acak-acakan, setelah didefragmentasi akan menjadi teratur kembali. Sobat Blogger bisa menggunakan tool bawaan Windows untuk melakukan hal ini, cara membukanya sama dengan ketika sobat membuka Disk Cleanup, IObit Smart Defrag, atau bisa dipilih melalui link ini. Ingat sobat Blogger, jangan terlalu sering malukan hal ini, karena akan berdampak buruk pada harddisk, paling banyak satu minggu sekali cukup lah yah... :D
IObit Smart Defrag
 OK Lah sobat Blogger, mungkin tiga langkah di atas bisa bermanfaat untuk mengembalikan performa Windowsnya, walaupun tidak bisa mengembalikan performa Windows seperti setelah diinstall ulang, setidaknya Windows kita menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya.

Leave a Reply

You can leave a comment to request any article(s), software(s), ebook(s) or report the dead link.
Then I will reply as soon as I can :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Recent Post

Recent Posts Widget
Instagram

- Copyright © Madriva -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -