Posted by : Rhyf Ahmad Sunday, December 11, 2011

Jika sobat Blogger mengalami permasalahan pada komputer di mana komputer tersebut terasa berat pada saat Boot, Proses maupun Shutdown, maka kali ini saya akan berbagi tips yang diharapkan bisa mengatasi permasalahan yang terkadang membuat kita menunggu tersebut, simak yuk..

1. Meminimalisir Drive Installasi Windows
Cara yang pertama ini dimaksudkan agar Windows tidak terlalu berat pada saat meload file-file yang dibutuhkan pada saat proses, jika Drive Installasi Windows (semisal Drive C:) tidak terlalu penuh, maka proses yang dilakukan Windows pada saat pengaksesan Drive juga semakin cepat. Alhasil, proses berjalannya Windows akan semakin cepat. Sobat Blogger bisa memindahkan file-file yang berada pada My Document di Drive C: ke dalam Drive lain semisal D:, dengan begitu, Drive C: akan semakin lega.

2. Memanage StartUp
Ini adalah hal yang paling krusial dalam proses Booting Windows. Pasalnya, jika banyak program yang berjalan pada saat StartUp, otomatis proses Boot Windows juga semakin lambat. Oleh karenanya, sobat Blogger disarankan untuk men-disable program yang dirasa tidak begitu penting untuk dijalankan pada saat Windows baru berjalan. Jika sobat Blogger tidak mau repot masuk ke dalam registry Windows untuk menghapus item StartUp, saya akan memberikan beberapa software yang bisa digunakan untuk memanage StartUp, pilih berdasarkan versi Windowsnya yah. And just Skip Ad.


3. Merubah tampilan Windows menjadi Windows Classic
Hmmmmmm,, ga indah memang kalo tampilan Windows dirubah menjadi tampilan Windows Classic, namun cara ini memang cukup efektif untuk meredam kinerja Graphic Card yang sobat gunain. Dengan merubah tampilan Windows menjadi Windows Classic, Graphic Card tidak terlalu terbebani apalagi tampilan Windows Aero milik Windows7 yang lumayan berat jika digunakan pada Graphic Card yang mempunyai memory di bawah 128MB.

4. Gunakan Software Portable
Aplikasi yang dikiranya tidak begitu penting, ada baiknya jika menggunakan aplikasi portable saja, karena dengan ini, Drive Installasi Windows tidak terlalu disesaki oleh program. Kayak Nero 7 tuh sob, Installernya cuman 170MB, tapi pas diinstall malah jadi lebih dari 1GB.

Nah, cuman segitu dulu tips yang bisa sobat gunain agar Windows sobat bisa berjalan lebih sempurna. Tunggu postingan berikutnya yah..

Leave a Reply

You can leave a comment to request any article(s), software(s), ebook(s) or report the dead link.
Then I will reply as soon as I can :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Recent Post

Recent Posts Widget
Instagram

- Copyright © Madriva -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -