Posted by : Rhyf Ahmad Sunday, June 23, 2013

Postingan apa ini? (tanda tanya) Isinya tentang BitLocker katanya gan. Salah satu fitur Windows yang memungkinkan data yang ada pada kompi tetap aman tersegel. Maksudnya sapa tau kan di kompi agan kena hack dari jarak jauh, waktu ngenet misalnya, si hacker mencuri data yang ada pada kompi, kan gawat tuh gan? Oleh karena itu Windows menyediakan fitur ini.
Trus caranya gimana?

Jangan buru-buru dulu, mending kita membahas BitLocker aja dulu gan. BitLocker menurut Microsoft, dapat menjaga file yang ada pada kompi tetap aman dari serangan para hacker yang mencoba mencuri data dari kompi kita, caranya dengan mengenkripsi seluruh data yang telah dikunci oleh BitLocker, sehingga data tersebut tidak akan terbaca jika si hacker tidak mengetahui password enkripsi yang telah kita atur sebelumnya.
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
Klik kanan pada drive yang akan dienkripsi, lalu pilih Turn on BitLocker.


Setelah itu akan muncul jendela BitLocker Drive Encription. Agan bisa memilih salah satu dari dua metode yang disediakan, saya contohkan Use a password to unlock the drive. Masukkan password yang dikehendaki pada kolom seperti gambar di bawah ini :


BitLocker akan meminta untuk membackup kata kunci drive yang akan dienkripsi, maksudnya barangkali agan lupa ama passwordnya, file ini dapat digunakan untuk membuka drive nantinya. Sobat bisa memilih salah satu dari 4 metode yang disediakan.


Jika sudah, pilih Encrypt used disk space only pada jendela selanjutnya (ini digunakan agar proses enkripsi hanya pada ruang yang ada isinya aja gan), kemudian BitLocker akan mulai mengenkripsi drive yang dipilih (saya menggunakan drive yang berbeda), tunggu sampai selesai.



Udah gan? Lama iya? Tergantung banyaknya data yang ada pada drive tersebut tuh gan. Nanti kalo udah selesai akan ada gambar gembok pada drive, agan bisa mengatur kembali BitLockernya, entah itu merubah password, atau menon-aktifkan BitLocker.


Drive yang sudah terenkripsi oleh BitLocker tidak akan bisa terbuka sebelum sobat Blogger memasukkan passwordnya. Cara membuka enkripsi sangat mudah, tinggal klik kanan pada drive dan kemudian pilih Unlock Drive, masukkan password.


Selesai.. Mudah-mudahan postingan ini dapat menjaga data sobat Blogger dari serangan hacker yang sangat kejam.. :D

Leave a Reply

You can leave a comment to request any article(s), software(s), ebook(s) or report the dead link.
Then I will reply as soon as I can :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Recent Post

Recent Posts Widget
Instagram

- Copyright © Madriva -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -