Posted by : Rhyf Ahmad Monday, January 02, 2012

Dahulu kala saya pernah membahas tentang Test Antivirus Terbaik 2011, namun data yang diperoleh adalah pada tengah tahun, dn kali ini saya akan mencoba mengulas Antivirus terbaik yang diuji oleh Av-Comparatives, data yang diperoleh pun masih anget, dari bulan November 2011 - Desember 2011, makanya tema postingan kali ini adalah Antivirus Terbaik Akhir Tahun 2011.

Modul tes yang digunakan pun beragam, dari mulai pendeteksian terhadap ancaman yang disediakan, Real World Testing (ancaman dari virus yang beredar di seluruh dunia), sampai performance. 
Antivirus yang diuji pada kesempatan kali ini sangat beragam, tergantung dari jenis testnya. Silahkan baca ulasannya.
  • Detection and Retrospective Test
    Test ini dilakukan untuk menguji seberapa hebat antivirus dalam mendeteksi keberadaan ancaman yang menyerang PC. Ancaman di sini tidak hanya sebatas Virus, tetapi juga Trojan, Spyware, Rootkit, Backdoor dan Malware lainnya. Disediakan 9003 jenis ancaman yang belum ada dalam database masing masing antivirus, dan berikut laporannya.
     
    Dengan memperhatikan chart tersebut, Qihoo 360 Antivirus memiliki jumlah deteksi paling banyak, namun kita lihat False Positives (kesalahan deteksi) dari tiap-tiap produk Antivirus.
     
    Sehingga, hasil akhir dari Sub Test ini adalah.
     

  • Removal Test
    Menggunakan beberapa sample dri jenis malware yang berbeda, test ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan Antivirus dalam membersihkan file yang terinfeksi oleh Virus, nilai yang diberikan mempunyai kriteria sebagai berikut.
    AA = 100
    AB = 90
    AC = 80
    BA = 70
    BB = 60
    BC = 50
    CA = 40
    CB = 30
    CC = 20
    DD = 0

    Hasil dari penelitian ini seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.



    Award yang diberikan pada masing-masing Antivirus dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

  • Performance Test
    Test ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Antivirus terhadap performa atau kinerja PC. Hasil dan kriteria tes dapat dilihat pada gambar di bawah ini.




Jika dilihat dari ketiga test tersebut, akan didapati nilai-nilai seperti yang anda lihat di bawah ini. Sobat Blogger nanti tau, mana Antivirus terbaik versi Av-Comparatives ini.

 
Terlihat bahwa Avira menjadi Antivirus terbaik  dari ketiga tes d atas. Walaupun demikian, hasil tes ini terkadang berbeda dengan hasil test dari pengetes Antivirus semisal Av-Test, ini dikarenakan jenis malware yang digunakan memang berbeda.

Leave a Reply

You can leave a comment to request any article(s), software(s), ebook(s) or report the dead link.
Then I will reply as soon as I can :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

- Copyright © Madriva -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -

/* script Youtube Responsive */