Posted by : Rhyf Ahmad Saturday, May 14, 2011

Tahukah anda? semacam aplikasi Facebook yang dipercaya bisa mengetahui siapa saja yang pernah melihat profile kita itu, ternyata sebuah penipuan massal. Padahal banyak sekali orang percaya ama yang begituan. Tanyakan kenapa??
Dan simak baik-baik yah.
Pernah ga sobat Blogger menemui kata-kata ini "Mau Tahu Siapa yang Melihat Profile FB-mu?". Jangan cepat percaya sob, karena itu adalah spam (penipuan atau pemalsuan) di Facebook yang mengandalkan lubang keamanan di server Facebook. Kalau di klik, bukan informasi yang didapat, eh malah akun Facebook kamu nanti akan dijadikan alat untuk menyebarluaskan spam ini sodara-sodara .
Menurut Alfons Tanujaya (ahli keamanan Vaksin.com), komunitas yang menamakan dirinya sebagai Jempolers Indonesia inilah  yang menjalankan akses tipu-menipu ini. Mereka sudah lama menjalankan aksi seperti ini. Bayangin aja sob, dalam 3 malam pertama mereka berhasil ngibulin ratusan ribu korban dari pengguna Pesbuk yang hampir seluruhnya adalah wong Indonesia.
Facebook Spam

Parahnya lagi, link-link yang menyeret sobat masuk ke dalam dunia yang beginian ini justru banyak beredar melalui chatting, atau obrolan dan lain sebagainya lah pokoknya. Kalau sobat Blogger ngeklik tuh link yang diberikan, sobat akan digiring ke halaman Jempolers Indonesia dan diminta menjalankan script tertentu. Satu hal yang menjadi catatan dari aksi ini adalah coding yang digunakan tidak  menggunakan aplikasi (apps) Facebook, sehingga tidak dapat diblokir oleh Facebook atau pengguna Facebook melalui "Privacy Setting" di Facebook.
Kalo sobat Blogger terlanjur ikut-ikutan tuh ama yang namanya reruwed, Alfons (dan saya tentunya) menyarankan untuk segera menghaps posting yang dilakukan oleh aplikasi ini dari profil sobat. Untuk mencegah penyebar luasan aksi tipu-menipu ini. Jangan Lupa juga untuk memberi tahu (bukan tempe yah) yang lainnya tentang masalah ini. Selain masalah yang disebutkan di atas, hati-hati juga yah ama orang yang ga dikenal trus ngiming-ngimingin sesuatu semisal pekerjaan atau lain sebagainya trus ujung-ujungnya ngajak ketemuan. Jangan mau sob, takutnya nanti sobat Blogger jadi korban penculikan kaya di tipi-tipi tuh.
So,,waspadalah..!!!
OK sob...

Leave a Reply

You can leave a comment to request any article(s), software(s), ebook(s) or report the dead link.
Then I will reply as soon as I can :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Recent Post

Recent Posts Widget
Instagram

- Copyright © Madriva -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -