Posted by : Rhyf Ahmad Monday, May 16, 2011

Linux adalah system operasi sumber terbuka, stabil,  dan konon adalah system operasi yang cukup sulit untuk menjebol sistem kekebalannya. Merupakan system operasi terbanyak kedua yang digunakan setelah Microsoft Windows. Terdapat lebih dari 71 varian Linux.
Kenapa harus Linux? Selain bebas biaya, tau gak sob, kalo ternyata system operasi ciptaan Linus Torvald ini lebih stabil jika dibandingkan dengan system operasi bikinan Bill Gates, Microsoft Windows. Berikut adalah ulasan singkat tentang Distro Linux.

Distro Dasar dari Linux
Adalah Distro Linux yang berdiri sendiri dan tidak bergantung pada system operasi lain, di bawah ini adalah Distro Linux yang ada pada saat ini : 

Merupakan Distro Linux yang paling banyak digunakan, baik untuk system operasi yang berdiri sendiri (stand alone) maupun sebagai dasar dari system operasi Linux lainnya. Turunan dari Debian antara lain : Ubuntu, Kubuntu, Xubuntu, Edubuntu, Gobuntu, Ubuntu Studio, 64 Studio, BackTrack, Bharat Operating Sytem Solution, CrunchBang Linux, DeMuDi, Elive, Finnix, Freespire, gnuLinEx, Impi Linux, Knoppix, KnoppMyth, Linux Mint Debian Edition, MEPIS, MintPPC, MontaVista Linux, Musix GNU/Linux, Parsix, Puredyne, Rxart, dan Symphony OS.
Debian Logo
Adalah system operasi yang disposnsori oleh perusahaan yang dikenal dalam dedikasinya menciptakan system operasi sumber terbuka. Beberapa turunan dari Red Hat adalah : aLinux, Fedora, Mandriva Linux (dulu Bernama Mandrake Linux), Red Flag Linux, Rocks Cluster Distribution, Red Hat Enterprise Linux (RHEL), Scientific Linux, dan Trustix.
Red Hat

Distro Linux yang Paling banyak digunakan
Ubuntu
Ubuntu adalah salah satu Distro Linux yang berbasiskan Debian, Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. yang merupakan perusahaan yang dimiliki oleh kosmonot asal Afrika Selatan, Mark Shuttleworth. Ubuntu banyak digunakan karena memang kemudahan dalam pengoperasiannya. Rilis terakhir Ubuntu mempunyai kode 11.04 "Natty Narwhal", yang rilis pada tanggal 28 April 2011.
Ubuntu 11.04 "Natty Narwhal"

Linux Mint
Merupakan versi Linux dengan tampilan paling elegan dari Linux yang lainnya, inti dari Linux Mint adala Ubuntu, jadi aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu, dapat juga berjalan di Linux Mint.
Linux Mint
Fedora
Sebelumnya bernama Fedora Core, kadang-kdang juga disebut Fedora Linux. Adalah sebuah Distro Linux yang berbasis RPM dan Yum. Yang dikembangkan oleh Fedora Project dan didukung oleh komunitas pemrograman serrta disponsori oleh Red Hat. Fedora dikenal dalam dunia Linux karena menjadi pioneer dalam teknologi terkini, dan Fedora adalah Distro Linux yang digunakan oleh sang master, Linus Torvald.
Fedora
Demikianlah penjelasan singkat mengenai Distro Linux, selebihnya cari sendiri aja ya sob, ato sobat Blogger bisa mengunjungi situs Wikipedia.

Leave a Reply

You can leave a comment to request any article(s), software(s), ebook(s) or report the dead link.
Then I will reply as soon as I can :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Recent Post

Recent Posts Widget
Instagram

- Copyright © Madriva -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -