Posted by : Rhyf Ahmad Tuesday, February 12, 2013

Wahh,, nyeleneh ni postingan... ckckckckck,,
Masa sekelas saiia yang pemula bisa membuat web browser? Yang bener aja bang.. Mimpi ye?
Hoho, ga koq gan, karena ini memang nyata, meski sangat jauh jika dibandingkan dengan Google Chrome atau web browser lainnya, tapi setidaknya kita juga bisa memanfaatkan tool-tool yang sudah disediakan oleh Visual Basic untuk membuat web browser paling sederhana, ini dia ulasannya..

Yang pertama dan pastinya, buka dulu gan Visual Basicnya, terserah agan mau make yang Ultimate, yang Professional atau yang Express juga gag papa.. Kalo udah, buat Form dengan nama bebas, dan letakkan 3 buah komponen dengan property di bawah ini :


TextBox1
Name     : TextBox1

Button1
Name     : Go
Text     : Go

WebBrowser1
Name     : WebBrowser1

Sehingga desain form akan nampak seperti di bawah ini :


Lalu, double klik pada Button1 (Go) dan masukkan listing kode di bawah ini :

        If TextBox1.TextLength = 0 Then
            MessageBox.Show("Masukkan URL!", "Madriva : Simple Web Browser", _
            MessageBoxButtons.YesNo, MessageBoxIcon.Exclamation)
        Else
            WebBrowser1.Navigate(TextBox1.Text)
        End If

Masih pada jendela koding, pilih TextBox1 pada combobox pertama dan KeyUp pada combobox kedua, ketikkan kode di bawah ini :

        If e.KeyCode = Keys.Enter Then
            Go.PerformClick()
        End If


Kalo  udah, silahkan menekan F5 untuk proses Debugging, dan hasilnya seperti pada gambar di bawah ini pada saat saya membuka halaman Google.


Inget gan, jangan disamain ama Google Chrome atau Mozilla Firefox yah, bedaaaaaa banget.. :D
Dan tentunya form ini belumlah sempurna, terutama jika Form berada dalam ukuran penuh, tinggal agan atur aja Dock Propertiesnya yah..

Leave a Reply

You can leave a comment to request any article(s), software(s), ebook(s) or report the dead link.
Then I will reply as soon as I can :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Recent Post

Recent Posts Widget
Instagram

- Copyright © Madriva -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -