Posted by : Rhyf Ahmad Sunday, May 13, 2012

Software yang sangat handal menurut saya dalam mengedit dan juga memanupulasi foto ini, membuat Adobe Photoshop menjadi software nomor wahid di kelasnya. Hingga postingan ini dimuat, Adobe Photoshop sudah memasuki versi 13.0 atau lebih akrab disebut Adobe Photoshop CS6. Semakin tinggi versi dari Adobe Photoshop, maka semakin tinggi pula resource PC yang digunakan. Kalau diinstall di PC yang hebat sih tidak masalah, namun akan memberatkan jika diinstall di PC atau Laptop dengan spesifikasi rendah. Namun, jangan khawatir sobat Blogger, di sini akan diberikan cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Yang pertama yang harus dilakukan apa? Ya buka dong Adobe Photoshopnya.. :). Saya menggunakan Adobe Photoshop CS5, ma'lum sob, CS6nya belum sempet download. hohoho..
kemudian, masuk ke menu Edit - Preference - Performance. Nanti akan terbuka sebuah jendela seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.


Di bagian pertama (nomor 1) adalah memory yang akan digunakan oleh Photoshop. Atur konsumsi Memory Usagenya agar si Photoshop tidak menggunakan memory secara berlebihan. Ini dimaksudkan agar memory (RAM) yang tersisa bisa digunakan untuk aplikasi lainnya. Saran saya, atur bagian ini ke level 40-50% saja, karena jika penggunaan memory sampai 100%, dikhawatirkan PC atau Laptop mengalami hang atau bahkan Crash.


Di bagian kedua (nomor 2) adalah cache atau sejarah yang pernah kita buat dalam mengedit photo dengan Photoshop, istilah kerennya adalah History. Atur seberapa banyak jumlah history yang akan kita terapkan pada Photoshop, selain itu pilih 128K di bagian Cache Tile Size.


Di bagian ketiga (nomor 3) adalah drive yang akan digunakan Photoshop sebagai virtual memory. Apa itu virtual memory? Virtual memory digunakan apabila jatah RAM untuk Photoshop telah digunakan sepenuhnya, sedangkan Photoshop sendiri memerlukan lebih banyak memory untuk mengoperasikan sebuah operasi. Pilih drive mana yang akan dijadikan virtual memory bagi Photoshop, disarankan memilih drive yang mempunyai space atau ruang kosong yang besar.


OK sobat Blogger, semoga bermanfaat.. :)

Leave a Reply

You can leave a comment to request any article(s), software(s), ebook(s) or report the dead link.
Then I will reply as soon as I can :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

- Copyright © Madriva -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -

/* script Youtube Responsive */