Posted by : Rhyf Ahmad Sunday, February 19, 2012

Wew, duel jejaring sosial terpopuler yah? Yoha, soalnya kita kan tidak tau bagaimana status keamanan dari kedua situs jejaring sosial ini, jangan-jangan pada saat Log In data kita dicuri lagi ama si hacker atau si Key Logger yang ditanamkan di dalam komputer kita, kan bisa gawat, untuk lebih jelasnya silahkan sobat Blogger simak baik-baik ulasan dari kedua situs jejaring sosial termahsyur ini. Jangan sampai kecolongan.

  1. Facebook
    Kita mulai dari Facebook terlebih dahulu. Facebook merupakan situs jejaring sosial yang konon pertama berdiri tahun 2004 dan tepatnya di bulan Februari ini, jadi usia Facebook hampir genap 8 tahun. Situs yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini sukses menjadi situs jejaring sosial yang paling banyak digunakan di dunia, dan bahkan mengalami kenaikan pengguna yang cukup signifikan. Sempat menduduki peringkat pertama menurut Alexa pada bulan Februari 2011, namun kedudukannya tidak berlangsung lama setelah digeser oleh situs Serarch engine raksasa, Google. Facebook sendiri mulai tahun 2011 lalu telah menggunakan serifikat SSL dari DigiCert, di mana sertifikat SSL berfungsi untuk mengacak data yang kita masukkan ke dalam situs tersebut dengan cara di enkripsi, pada saat itu Facebook menggunakan sertifikat SSL sebesar 128bit, dan sekarang Facebook menggunakan sertifikat SSL Camellia-256, 256bit dari VeriSign yang diklaim sebagai sertifikat SSL terkuat, sehingga tingkat keamanan di Facebook sudah tidak usah dipertanyakan lagi selama kita menggunakan mode HTTPS yang bisa kita atur di pengatran akun.


  2. Twitter
    Twitter merupakan situs jejaring sosial layaknya Facebook, tingkat popuaritasnya semakin menonjol pada pertengahan tahun 2010, hingga saat postingan ini dimuat, Twitter menggunakan sertifikat SSL RC_4 128bit yang juga dari VeriSign.

Dari penjelasan di atas, nampaknya sudah jelas jika Facebook memang lebih aman daripada Twitter, namun walaupun demikian kedua situs ini menggunakan sertifikat SSL dari VeriSign, jadi tidak usah khawatir dengan keamanannya.

{ 3 comments... read them below or Comment }

  1. semua menurutku tergantung user lah..kalau usernya oon..ya...sama aja

    ReplyDelete
  2. Yap, tapi Facebook pake protokol HTTPS cuma di halaman-halaman tertentu, sementara Twitter pake protokol HTTPS untuk semua halamannya. Jadinya account Facebook masih lebih rentan kena session hijacking daripada account Twitter. :D

    ReplyDelete
  3. @Abu Thoif : anda beNar sekaLi baNg.. hehehe.. :D
    @twistedcable : seperti yang saya sudah jelaskan, selama memakai mode HTTPS Facebook lebih aman, dan Twitter juga tidak semua page menggunakan mode HTTPS jika Usernya tidak mengaktifkan mode tersebut, dikarenakan mode HTTP memang lebih cepat terload daripada mode HTTPS, dikarenakan pada saat menggunakan mode HTTPS data yang terload oleh Browser dienkripsi terlebih dahulu oleh Server HTTPS tersebut..
    @All : thanks udah visit dan memberikan komentarnya...

    ReplyDelete

You can leave a comment to request any article(s), software(s), ebook(s) or report the dead link.
Then I will reply as soon as I can :)

Welcome to My Blog

Recent Post

Recent Posts Widget
Instagram

- Copyright © Madriva -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -