Posted by : Rhyf Ahmad Saturday, January 07, 2012

Di dalam dunia internet, terdapat beberapa protokol yang digunakan klien dalam mengakses server. Protokol merupakan sebuah aturan atau standar yang digunakan dalam urusan transfer, hubungan, komunikasi, dan perpindahan antara 2 titik komputer atau lebih. Yang dibahas kali ini ga banyak-banyak, ada 3 macam protokol yang sering dijumpai saat browsing.

  1. WAP
    WAP merupakan kepanjangan dari Wireless Application Protokol yang memungkinkan seseorang yang mempunyai perangkat genggam
    semisal handphone untuk mengakses internet dengan format tulisan khusus.WAP pertama kali dipublikasikan oleh WAP Forum dan ditemukan oleh Ericcson pada tahun 1997. Menyusul kemudian Motorola, Nokia dan yang lainnya (pada ngikut).
    Beberapa versi dari WAP antara lain WAP 1.2.1 dan WAP 2.0. WAP 1.2.1 hanya bisa menampilkan halaman sederhana, berbeda dengan WAP 2.0 yang mendukung bahasa xHtml dan gambar.

  2. HTTP
    Kepanjangan dari Hyper Text Transfer Protokol, adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia.
    Pengembangan standar HTTP telah dilaksanakan oleh Konsorsium World Wide Web (World Wide Web Consortium/W3C) dan juga Internet Engineering Task Force (IETF), yang berujung pada publikasi beberapa dokumen Request for Comments (RFC), dan yang paling banyak dirujuk adalah RFC 2616 (yang dipublikasikan pada bulan Juni 1999), yang mendefinisikan HTTP/1.1.
    Dukungan untuk HTTP/1.1 yang belum disahkan, yang pada waktu itu RFC 2068. Secara cepat diadopsi oleh banyak pengembang penjelajah Web pada tahun 1996 awal. Hingga Maret 1996, HTTP/1.1 yang belum disahkan itu didukung oleh Netscape 2.0, Netscape Navigator Gold 2.01, Mosaic 2.7, Lynx 2.5, dan dalam Microsoft Internet Explorer 3.0. Adopsi yang dilakukan oleh pengguna akhir penjelajah Web pun juga cepat. Pada bulan Maret 2006, salah satu perusahaan Web hosting melaporkan bahwa lebih dari 40% dari penjelajah Web yang digunakan di Internet adalah penjelajah Web yang mendukung HTTP/1.1. Perusahaan yang sama juga melaporkan bahwa hingga Juni 1996, 65% dari semua penjelajah yang mengakses server-server mereka merupakan penjelajah Web yang mendukung HTTP/1.1. Standar HTTP/1.1 yang didefinisikan dalam RFC 2068. Secara resmi dirilis pada bulan Januari 1997. Peningkatan dan pembaruan terhadap standar HTTP/1.1 dirilis dengan dokumen RFC 2616 pada bulan Juni 1999.
     
    HTTP Pada situs Wordpress
  3. HTTPS
    HTTPS merupakan protokol versi aman dari HTTP, mempunyai kepanjangan dari Hyper Text Transfer Protokol Secure. Ditemukan pertama kali oleh Netscape Navigator (tahunnya lupa saya). HTTPS biasanya digunakan pada situs-situs perbankan. HTTPS juga ditemui di situs jejaring sosial semisal Facebook, layanan e-mail semisal Gmail dan lain-lain.
Facebook
Gmail
BNI
OK sobat Blogger, semoga bermanfaat bagi anda-anda sekalian, jangan lupa dikomen yah..
dikutip dari situs Wikipedia.

Leave a Reply

You can leave a comment to request any article(s), software(s), ebook(s) or report the dead link.
Then I will reply as soon as I can :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Recent Post

Recent Posts Widget
Instagram

- Copyright © Madriva -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -