Posted by : Rhyf Ahmad Saturday, November 15, 2014

Halo gan, lama tak jumpa ye, udah setengah abad lebih nhe blog vakum (keseringan vakum yeuh ah). Jadi banyak pengunjung yang kabur gara-gara kontennya udah kadaluarsa, haha..
All right, kita mulai aja deh ya, postingan kali ini ane pen ngebahas Android gan, sekali-kali dan mungkin bakal berkali-kali nih. Materi sederhana, tentang menghemat daya baterai Android yang kata sebagian orang, boros bingit. Cekidot...
Sering ngeliat hape temen-temen ane yang masang tuh namanya batere booster, dobel batre power kek apa lah itu namanya. Sebenernya tu aplikasi ga bisa berbuat banyak buat agan, kalo boleh bilang, toh pada akhirnya tergantung dari cara agan dalam mengatur timing penggunaan aplikasinya kan? Karena yang namanya battery saver, nota benenya cuman me-NON-AKTIFKAN sebagian aplikasi dan fitur yang agan gunakan. Kalo gayak gini doang, ade'nya ane juga bisa kali ye...
Nah, ini dia gan beberapa tips agar batere hape Android agan dapat bertahan lebih lama.
  • Atur network mode
    Salah satu hal yang kurang diperhatikan bagi kalangan pengguna Android adalah pengaturan networking. Lazimnya dalam hape Android mempunyai tiga pilihan (khusus yang 3G ya, yang belum 3G ikutan nyimak aja gan, heee). Yang pertama adalah Auto Mode, kalo agan memilih fitur ini, prioritas utamanya jelas-jelas jaringan WCDMA. Namun, saat agan berada pada daerah yang jauh dari BTS yang support jaringan tersebut, maka hape secara otomatis berpindah ke jaringan GSM. Masalahnya adalah, ketika hape mendeteksi adanya sinyal lemah WCDMA, bentar ada bentar ngilang. Ini menyebabkan antena hape bekerja ekstra keras dalam mencari sinyal dan mengganti mode secara bergantian. Ingat, kerja keras butuh tenaga lebih banyak gan!
    Kedua, WCDMA only. Pilihan ini memungkinkan agan untuk tetap pada jaringan tersebut, walaupun tidak ada sinyal terdeteksi, antena tidak akan mengganti mode secara bergantian.
    Ketiga, GSM only. Mirip ama yang kedua, jadi ga usah dibahas ulang yooo..
    Tinggal bagaimana dan di mana agan berada, kalo sinyal 3G bagus, ambil yang kedua, tapi kalo sinyal 3G kurang, ya ambil yang ketiga aja gan.
  • Pergunakan paket data dengan bijak
    Agan pasti tau dong neh apaan? Buat internetan gan. Salah satu hal yang paling urgent wad hape Android ya ini. Sebagian besar Android device sudah mengusung teknologi 3G (UMTS) dan 3.5G atau lebih kerennya disebut HSPA (kependekan dari HSDPA dan HSUPA) memang membutuhkan daya lebih banyak daripada 2G (GPRS) dan 2.5G (EDGE). Penggunaan terus menerus mengakibatkan baterai lebih boros 50% dibandingkan saat agan menon-aktifkan layanan paket data. Soo.. saat agan tidur, akan lebih baik layanan yang satu ini dimatiin gan, ga usah mikirin ada yang ngirim pesan lewat BBM dan lain sebagainya, toh si agan ga mungkin ngebaca pesan itu sambil tidur, kalo ada perlu, dateng aja ke mimpi gan. haaa...
  • Decrease brightness level
    Layar hape, terlebih yang layarnya segede batako, bakal menguras baterai lebih besar ketimbang hape yang mempunyai layar lebih kecil (walaupun kapasitas baterainya juga lebih besar) namun tetap saja berdampak hal yang sama. Layar hape bisa mengkonsumsi lebih dari 70% dari seluruh penggunaan baterai. Oleh karena itu gan, sangat disarankan untuk mengurangi brightness levelnya, disamping dapat mengurangi radiasi ke mata agan.
  • Decrease volume
    Intensitas suara hape, kayak agan kalo bicara, dengan suara pelan vs. suara tinggi, gimana jadinya? Lebih boros mana tenaganya? Terlebih ngomongnya sambil sewot, uhhhh... pasti cepet dehidrasi. Nah, makanya dalam hal ini agan juga disarankan untuk mengurangi volume hape gan, baik dari voice and video call volume, ringtone, notifications dan medianya.
  • Atur Dual SIM mode
    Bagi pengguna dual SIM, ada baiknya mengatur yang satu ini, karena dua itu lebih banyak daripada satu, dalam hal ini ya gan.
Soo... mungkin itu beberapa tipsnya gan, kalo dirasa kurang, agan tinggal menon-aktifkan aplikasi yang berjalan di background dengan menambahkan aplikasi Startup Manager.
Selamat mencoba :)

Leave a Reply

You can leave a comment to request any article(s), software(s), ebook(s) or report the dead link.
Then I will reply as soon as I can :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

- Copyright © Madriva -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -

/* script Youtube Responsive */