Posted by : Rhyf Ahmad Saturday, April 05, 2014

Lama banget neh gak update posting di blog. Haduh, ma'lum aja sob, banyak banget yang mesti dikerjain (bukan ngerjain orang loh ya), tapi ngerjain segala macem administrasi sekolah, heee...
Yo wis, aja akeh ngebanyol, langsung aja pada pokok permasalahan ya mas bro, nhe postingan terinspirasi dari kisah ane yang pen jajal BBM (BlackBerry Messenger, bukan Bahan Bakar Minyak) via PC Windows. Awalnya banyak kerumitan mas bro, karena gak kompatibel, hahaha
simak aja deh :)
Sebenernya banyak banget sopwer yang nawarin emulator Android, sebut saja BlueStacks AppPlayer yang beberapa minggu lalu nongkrong di blog ini. Namun sobat Blogger, versi Android yang tertanam di dalamnya itu adalah versi jaddoooolll,, jadi gak bakal bisa kalo diinstall aplikasi masa kini :D.
Nah, trus pake apaan bang?
Makenya Android Software Development Kit ato lebih singkatnya disebut dengan Android SDK. Dengan sopwer ini, agan ga hanya dapat menjalankan Android di Windows, tapi juga dapat mengembangkan aplikasi berbasis Android.
Spesifikasi yang diperlukan untuk menjalankan ADT ini adalah Processor Dual-Core (kalo kecepatannya di atas 2.4 GHz, Single-Core juga gag papa gan). Trus HDD kosong minimal 10 GB, ama RAM minimal 1 GB.
Pertama-tama, download terlebih dahulu SDK ADT bundlenya sob, klik link ini :



Gede banget yak? Hahaha,, tapi tak apa lah, kalo udah di download, ekstrak make WinRAR ato WinZip ato apa aja lah yang bisa ngluaren isinya, walo sebenernya Windows udah punya self extractor kalo buat ZIP.
Udah diekstrak belum gan?
Gimana?
Udah?
Kalo udah, jangan dulu diapa-apain ya, agan mesti download dulu yang namanya Java Runtime Environment (bahasa kerennya JRE). Donlot lagi yak? Nhe saya kasih linknya gan :

JRE for Windows x86 (29.66 MB)
JRE for Windows x64 (32.54 MB)

Install terlebih dahulu tuh JRE-nya gan, kalo udah diinstall, buka deh folder ADT Bundle yang tadi agan capek-capek nungguin donlotannya. Hal pertama yang agan temuin ada 3 macem, dua folder dan satu aplikasi.


Nah, buka dulu folder eclipse dan dobel klik deh tu eclipse.exe.


Nanti bakal muncul yang kayak beginian gan, kalo diminta bikin folder buat workbench, bikin aja gan, tentuin sendiri ya tempatnya di mana.



Udah gan? Close aja tuh eclipsenya, menurut situs Android itu sendiri, ini adalah langkah awal dalam pengaturan SDK.
Kembali ke folder awal (folder yang cuman 3 macem tuh gan), buka SDK Manager. Tampilannya kayak beginian nih gan kalo pengen tau.


Pada SDK Manager, klik Tools dan pilih Manage AVDs, dan akan terbuka jendela Android Virtual Device Manager. Lalu klik New.


Kebuka lagi tuh jendela lain gan, nanti jangan lupa ditutup ya..
Untuk default, silahkan merubah data di bawah ini yo, nanti agan sesuaikan saja dengan kebutuhan.


AVD Name : bbm
Device : 3.7" WVGA (480 x 800: hdpi)
RAM : 512
Internal Storage : 200 MiB
SD Card : 200 MiB

Klik OK.
Kembali ke Android Virtual Device Manager, klik bbm pada AVD Name dan klik Start, lalu klik Launch.



Tunggu loadingnya selesai, daaaaaannnn.........



Yo,,, mulai berkreasi :)
selamat mencoba..

Tested on :
  • Windows 7 32 bit
  • Processor Intel Dual-Core 2.2 GHz
  • 2 GB RAM

Leave a Reply

You can leave a comment to request any article(s), software(s), ebook(s) or report the dead link.
Then I will reply as soon as I can :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

- Copyright © Madriva -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -

/* script Youtube Responsive */