Posted by : Rhyf Ahmad Wednesday, May 30, 2012

Hmmm.. Postingan kali ini berbeda dengan postingan yang udah-udah nhe sob. Karena baru kali ini saya membuat artikel tentang tutorial Photoshop. Tapi gag papa deh, kan yang namanya juga ilmu, walaupun saya punya sedikit, tapi saya mau berbagi kepada sobat-sobat sekalian, sapa tau ilmu yang saya bagikan ini bermanfaat.
Yok ah, kita mulai saja tutorialnya, hoho..
Buka Photoshop kesayangan sobat, di sini saya menggunakan Adobe Photoshop CS5 (walaupun portable juga, haha). Kemudian, tekan tombol Ctrl + N untuk membuat file baru. atur propertinya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.


Kemudian, buka 2 gambar baru, salah satunya saya contohin pake gambar Laptop.



Seleksi gambar Laptop terlebih dahulu agar backgroundnya tidak ikut kena pada saat penggabungan. Gunakan Magic Wand Tool atau dengan Qick Selection Tool dan klik pada area putih, agar warna putih pada Laptop akan terseleksi. Hasilnya..


Kemudian, tekan kombinasi tombol Ctrl + Shift + I untuk membalikkan area yang diseleksi, sehingga semua bagian Laptop akan terseleksi. Hasilnya..


Gabungkan kedua gambar tersebut (gambar kodok ama Laptop) dengan Move Tool. Jangan lupa sesuaikan ukuran kedua gambarnya yah.. Hasilnya akan seperti ini.


Di dalam Layers Palette, drag gambar kodok ke bawah gambar Laptop, agar Laptop menutupi sang kodok sampe kodok gag bisa napas..


Lakukan seleksi pada Laptop bagian dalam agar Backroundnya menjadi kodok. Gunakan Polygon Lasso Tool untuk melakukan langkah ini.


Tekan delete, hasilnya..


Tekan Ctrl + D untuk menghilangkan seleski. Lalu hilangkan tanda mata pada Layer Laptop, ini dimaksudkan agar Laptop menjadi tidak terlihat atau Invisible.


Lakukan seleksi pada Kodok, agar sekiranya keluar dari Laptop. Seperti ini..


Jika sudah, klik kembali tanda mata pada Layer Laptop, agar Laptop menjadi terlihat kembali. Klik nama Layer Laptopnya agar Layer Laptop pada Layers Palette menjadi biru dan kodok masih dalam seleksi.


Klik delete, hasilnya..


Tekan Ctrl + D untuk menghilangkan seleksi. Langkah terakhir, klik Layer Kodok pada Layers Palette, dan gunakan Eraser Tool untuk menghapus bagian yang tidak diperlukan. Hasil akhirnya...


Sobat bisa memperhalus bagian yang kurang halus, dengan Eraser Tool tentunya, hehehe...
Selamat mencoba...

Leave a Reply

You can leave a comment to request any article(s), software(s), ebook(s) or report the dead link.
Then I will reply as soon as I can :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Recent Post

Recent Posts Widget
Instagram

- Copyright © Madriva -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -