Posted by : Rhyf Ahmad Monday, April 02, 2012

C# (baca: C Sharp) merupakan salah satu bahasa pemrograman yang cukup populer, kehadirannya sejak tahun 2000 yang dipromosikan oleh pihak Microsoft, mampu menggeser popularitas dari bahasa pendahulunya, Pascal. C# sendiri juga merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek atau lebih dikenal dengan OOP. Banyak kalangan yang beranggapan bahwa C# merupakan bahasa baru dalam dunia programming. Namun, apakah benar demikian??

Sejarah mengatakan (siapa hayoo yang bilang) pada akhir dekade 1990-an, pihak Microsoft membuat program Microsoft J++ sebagai awal langkah untuk mengaplikasikan bahasa Java di dalam mesin Windows, namun hal ini terbentur karena adanya masalah dengan pemegang Hak Cipta dari bahasa Java, Sun Microsystem. Yang pada akhirnya Microsoft mengurungkan niatnya untuk mengembangkan program tersebut. Lalu, pihak Microsoft merekrut Anders Helsberg yang notabenenya adalah mantan karyawan Borland, si pembuat bahasa Turbo Pascal dan Borland Delphi. Dan mulai tahun 1996 setelah ia direkrut oleh Microsoft, Anders menjadi Chief Designer dari bahasa pemrograman C# (pinter amir nhe orang yah) dan juga menjadi salah satu kunci dalam pembuatan Microsoft .Net Framework.
Masuknya Anders sebagai designer dari bahasa pemrograman J++, Turbo Pascal dan borland Delphi, sangat terlihat dari syntax bahasa C# seperti yang sobat lihat pada salah satu penggalan kode bahasa C# di bawah ini:

protected void Button1_Click(object sender, EventArgs e)
{
     int a, b;
     a = Convert.ToInt32(TextBox1.Text);
     b = Convert.ToInt32(TextBox2.Text);
}

Duh...aduuuhhhh... gak salah kalau ada orang yang bilang kalo bahasa C# merupakan gabungan dari tiga bahasa yaitu bahasa Pascal yang digunakan oleh Turbo Pascal dan Borland Delphi, bahasa Visual Basic dan juga bahasa C++. Karena memang bahasa C# didesain untuk melengkapi sintaksis dari bahasa C++, Pascal, Visual Basic yang lebih ringkas dan Rapid Application Development yang tanpa batas.
Oleh karenanya,,,, apakah C# disebut bahasa baru???

{ 2 comments... read them below or Comment }

You can leave a comment to request any article(s), software(s), ebook(s) or report the dead link.
Then I will reply as soon as I can :)

Welcome to My Blog

- Copyright © Madriva -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -

/* script Youtube Responsive */