Posted by : Rhyf Ahmad Tuesday, January 24, 2012

Media penyimpanan yang ada sekarang ini bermacam-macam, ada yang berbentuk Harddisk, Flashdisk, dan berbentuk kepingan CD/DVD. Dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas beberapa jenis media penyimpanan berbasis kepingan CD/DVD, yang memuat 3 jenis, yaitu CD/DVD-R, CD/DVD+R dan CD/DVD-RW. Dari ketiganya tersebut, memiliki perbedaan satu sama lain, pengen tau??
Check This Out....

  • R atau tanda 'R' sendiri merupakan singkatan dari Recordable, maksudnya dalam CD/DVD ini dapat menyimpan data, jika tidak ada maka CD/DVD ini tidak bisa menyimpan data atau dengan kata lain, hanya sebatas Read Only Memory (ROM).
  • "-R" tanda minus dalam CD/DVD menandakan bahwa CD/DVD ini hanya mendukung single session, dan hanya bisa digunakan satu kali proses penyimpanan data ke dalam CD/DVD tersebut, dan jika CD/DVD jenis ini sudah pernah digunakan, maka CD/DVD ini tidak bisa dimasukkan data lagi walaupun masih banyak sisa space dalam CD/DVD tersebut.
  • "+R" merupakan tanda bahwa CD/DVD jenis ini mendukung proses penulisan multi session, dalam artian jika CD/DVD tersebut sudah pernah digunakan dan masih menyisakan ruang kosong, maka CD/DVD ini dapat digunakan kembali untuk mengisi ruang yang masih kosong.
  • "RW" kepanjangan dari ReWritable, artinya CD/DVD jenis ini bisa digunakan beberapa kali. CD/DVD jenis ini juga menggunakan material khusus, sehingga data yang sudah tersimpan dapat dihapus dan dapat diisi kembali dengan data baru, atau ditumpuk dengan data yang sudah ada. Walaupun demikian, CD/DVD+RW mempunyai batasan dalam penghapusan dan pengisian datanya, dan ini merupakan perbedaan yang sangat mencolok jika dibandingkan dengan media penyimpanan lain semisal flashdisk (jelas  aja bang, harganya juga kan beda.
Saya kira sudah cukup jelas yah penjelasannya, jika ada pertanyaan silahkan bertanya melalui blog saya, sampai jumpa.
Materi ini saya kutip dari http://ebsoft.web.id dan bisa anda lihat di sini.

Leave a Reply

You can leave a comment to request any article(s), software(s), ebook(s) or report the dead link.
Then I will reply as soon as I can :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

- Copyright © Madriva -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -

/* script Youtube Responsive */