Posted by : Rhyf Ahmad Tuesday, December 06, 2011

Kehadiran antivirus memang tidak dapat diganggu gugat sebagai aplikasi wajib bagi pengguna komputer, baik itu pengguna Windows, Apple Mac, maupun keluarga Unix. Ada beberapa pilihan antivirus gratis yang bisa sobat gunain sebagai pelindung PC sobat dari Malware attack. Kali ini admin akan mengulas 5 antivirus terbaik yang dilihat dari segi proteksi, repair, dan juga usability dari antivirus tersebut.

Nilai maksimal dari setiap kategori adalah 10, nilai ini saya ambil dari berbagai sumber dan dijadikan menjadi nilai rata-rata yang diperoleh Antivirus tersebut. Dimulai dari nomor paling buncit dulu yah sob, dari nomor 5 dulu. Mmmm, kalo mau download, jangan lupa Skip Ad yah pada saat jendela Adf.ly terbuka.

#5 PCTools Antivirus Free
Sebagai vendor antivirus terkemuka, PCTools juga menghadirkan antivirus versi gratisnya. Kalo di level antivirus tertingginya sih, PCTools Internet Security, sempat menduduki peringkat pertama pada sebuah lembaga pengetes antivirus, proteksinya lumayan hebat, namun sayang 1000 sayang, PCTools Antivirus baik yang gretong maupun yang berbayar memakan banyak resource memory (RAM) di komputer, sehingga nilai akhirnya:
Proteksi : 7.8
Repair : 7.5
Usability : 6.0
Nah, bagi yang mau mendownload PCTools Antivirus Free, silahkan klik Link ini.


#4 Microsoft Security Essentials
Antivirus ini merupakan antivirus buatan Microsoft, cukup bagus bagi pengguna perumahan. Resource yang digunakan tidak begitu besar, sehingga lumayan cocok jika digunakan untuk komputer dengan spesifikasi rendah. Kelemahannya pada bagian proteksi yang hanya menyertakan Antivirusnya saja, tidak disertakan proteksi tambahan layaknyaa ativirus lain.
Proteksi : 6.9
Repair : 6.5
Usability : 7.0
Download Definition Antivirus for MSE (mpam-fe.exe) via Microsoft, klik link download the latest definiton update pada saat masuk di situs Microsoft.


#3 Avira Antivirus Personal
Mungkin sobat Blogger sudah tidak asing dengan antivirus ini. Ya, antivirus ini konon sudah mempunyai pengguna sebanyak lebih dari 100 Juta, waw... Namun kok di  urutan ke-3 nyangkolnya? Dikarenakan Avira terkadang memberatkan komputer, apalagi waktu launchingnya yang membuat proses Boot komputer terasa agak lambat, terlebih konfigurasi Avira terkadang error dan terlihat pesan "Application can not be run, because application configuration is incorrect. Reinstall application may fix this problem". Nah, itu dia masalahnya.
Proteksi : 8.0
Repair : 7.0
Usability : 6.0


#2 AVG Antivirus Free
AVG Antivirus Free merupakan software yang paling banyak didowanload di situs download.com. AVG memiliki proteksi yang lebih lengkap daripada 3 antivirus di awal tadi, dikarenakan adanya AVG Link Scanner yang mampu mendeteksi virus yang terdapat di link ketika kita browsing. Sejauh ini, tidak ada permasalahan yang begitu berarti ketika saya menggunakan antivirus ini, namun ketika virus shortcut masuk, AVG koq kelebekan yah? padahal saat itu saya menggunakan Antivirus Level tinggi dari AVG yaitu AVG Internet Security.
Proteksi : 7.5
Repair : 7.0
Usability : 7.0


#1 Avast Free Antivirus
Nah sobat Blogger, inilah jawaranya antivirus gratis kita kali ini. Kenapa harus Avast?
- Memiliki fitur Avast WebRep, yang berfungsi memberikan informasi keamanan tentang situs yang kita kunjungi.
- Avast SandBox, merupakan fitur Avast yang memberikan kita pelindungan ekstra dengan menjalankan program yang tidak dikenal di dalam tubuh Avast, sehingga jika terjadi kekacauan yang dibuat oleh Unknown Program tersebut, tidak akan terjadi apa-apa pada sistem, karena rogram itu berjalan di bawah pengawasan Avast.
Selain itu, Avast juga memiliki kelebihan, di antaranya:
- Scan tercepat dari antivirus gratis lainnya, bahkan Avast memiliki kecepatan scan yang lebih cepat daripada Antivirus yang mahal sekalipun.
- Waktu launching yang cepat, sehingga sobat tidak perlu lagi menunggu sebuah antivirus tterload pada saat startup, karena Avast memang heboi. Ga bisa disebutin satu-persatu pokoknya, saya juga pakek Avast.
Proteksi : 8.5
Repair : 7.5
Usability : 8.5 


Sekedar saran, jika sobat pengguna Windows, disarankan agar menggabungkan antivirus yang saya sebutkan di atas dengan Smadav, mengapa? Karena Smadav merupakan antivirus tercepat, dan teringan di dunia, di lain hal, Smadav juga cukup handal dalam membunuh virus yang berada di flashdisk, I Love Indonesia.

Okeh, semoga bermanfaat yah sobat Blogger, C U........

{ 2 comments... read them below or Comment }

  1. info yang sangat berguna dan bisa membantu semua rekan rekan yang menghadapi virus di komputer yang terus berkembang pesat di bumi yang kita cintai ini.
    sedikit saran anti virus lokal semacam PCMAV juga bisa masuk dalam kategori yang terbaik di Indonesia karena hampir semua hacker dan blogger tahu PCMAV memiliki peringkat pertama untuk anti virus lokal setelah itu SMADAV dan lainnya
    maaf bukan promo lho....???
    salam kenal dan maju terus...

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas sarannya, OK Lah, nanti pada postingan selanjutnya akan saya review..
    Thanks b4..
    regards...

    ReplyDelete

You can leave a comment to request any article(s), software(s), ebook(s) or report the dead link.
Then I will reply as soon as I can :)

Welcome to My Blog

- Copyright © Madriva -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -

/* script Youtube Responsive */