Posted by : Rhyf Ahmad Friday, May 20, 2011

Windows dan Linux adalah system operasi yang bersitegang di dunia bisnis, tapi kali ini Admin akan mencoba menggabungkan dua kekuatan tersebut. Ada dua cara yang bisa sobat lakuin agar PC sobat bisa diinstall dua OS sekaligus. Kali ini antara Windows dan Linux. Simak baik-baik yah, biar bisa Dual Boot.
1. Install Linux dari Bootable Live CD/DVD
Sebelumnya, semua isi (termasuk screenshot dan artikelnya) yang sobat lihat di sini merupakan asli dari PC saya sendiri sob, dan bukan jiplakan dari website lain. Opsi yang pertama, sobat bisa menjalankan Installer Linux langsung dari Live CD/DVD pada saat booting. Jangan lupa atur dulu settingan biosnya agar boot pertama berjalan dari CD/DVD Drive. Kali ini saya mengambil Linux Ubuntu 11.04 "Natty Narwhal" sebagai contoh. Pada tampilan di bawah ini, sobat bisa memilih antara langsung memasang (install) atau mencobanya terlebih dahulu.
Tampilan awal Ubuntu Live CD
Jika sobat memilih untuk mencobanya terlebih dahulu, klik Install Ubuntu 11.04 untuk mulai installasi. Pilih bahasa yang sobat inginkan, ada Bahasa Indonesianya juga loh. Nanti akan muncul jendela "Preparing To Install Ubuntu" klik saja Forward
Ubuntu Preparing Step
Setelah itu akan muncul jendela kaya beginian, terdapat tiga pilihan. Yang pertama "Install Ubuntu alongside Microsoft Windows XP Professional" yang artinya Ubuntu akan diinstall bersama dengan Windows XP dalam satu direktori. Pilihan yang kedua adalah "Replace Microsoft Windows XP Professional with ubuntu", kalo sobat milih opsi yang kedua, berarti sobat Blogger akan menghapus Windows dan menggantinya dengan Ubuntu. Dan yang terakhir adalah pilihan gabungan dari semua itu (optional).
Pilihan yang Muncul
Setelah memilih opsi yang pertama, akan muncul jendela baru (di bawah ini) silahkan Drag n Drop untuk menentukan besarnya partisi yang akan digunakan Ubuntu nantinya.
Ubuntu alongside Windows
Klik Install Now dan tunggu prosesnya sampai selesai.

2. Install Linux dari Windows
Opsi yang kedua ini bisa sobat gunain kalo sobat males buat nyetting bios MoBo agar boot via CD/DVD Drivenya. Dan untuk contoh yang satu ini, saya pake Linux Mint 10 "Julia".
Masukin Live CD/DVD Linux Mint dan jalankan Installernya, biasanya sih autorun dan langsung muncul installernya. Pilih opsi yang kedua "Install di dalam Windows"
Linux Mint Autorun
Lalu tentukan berapa besar ruang di harddisk untuk Direktori boot Linuxnya, klik pasang dan tunggu hingga ekstaksi selesai. Restart kompi sobat.
Penentuan besar partisi
Proses Ekstraksi
Nanti pas Booting, seharusnya udah ada pilihan system operasi mana yang akan sobat gunain, pilih Linux Mint untuk menyelesaikkan proses installasi. Jika sudah selesai, tampilan Linux Mint kayak gini nih, cakep kan?
Linux Mint 10 Julia
Bagi sobat yang biasa nginstall Windows, tentu nginstall Linux ama cara yang kayak gini lebih gampang nginstall Linux kan? Beda lagi jika sobat Blogger nginstall Linux pada saat harddisknya masih kosong. Perlu diingat, Nginstall Linux membutuhkan setidaknya dua partisi, yaitu partisi dengan format /dev/sda, dan yang kedua adalah /linux swap. Kalo ga kaya gitu, jangan harap bisa masukin Linux ke dalam hard disk yang baru.
Okeh, cukup sekian dulu yah, sampai jumpa di posting berikutnya. Jika ada pertanyaan, tinggal tuliskan aja di komentar.. C U...

{ 2 comments... read them below or Comment }

  1. kalo nginstall backtrack dari windows gimana caranya

    ReplyDelete
  2. Caranya kurang lebih sama gan, Windows dulu, baru Backtrack.

    ReplyDelete

You can leave a comment to request any article(s), software(s), ebook(s) or report the dead link.
Then I will reply as soon as I can :)

Welcome to My Blog

Recent Post

Recent Posts Widget
Instagram

- Copyright © Madriva -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -