Posted by : Rhyf Ahmad Saturday, June 30, 2012

Setelah lama absen dari dunia Blogging, akhirnya saya bisa juga membuka blog kesayangan saya. Ma'lum sobat Blogger, lagi sibuk-sibuknya. Ya udah, tanpa basa-basi lagi, tema postingan kali ini  akan membahas beberapa langkah mudah yang bisa sobat lakukan untuk meningkatkan level keamanan PCnya, tidak hanya sebatas Windows, tetapi juga berlaku untuk platform lain, yaitu Mac dan juga Linux tentunya (walaupun sebagian besar pembahasannya mengenai Windows).
Berikut ini adalah beberapa langkah mudahnya, silahkan disimak.
  • All Windows : Hidupkan Windows Update
    Cara ini dilakukan agar Windows bisa memperbaiki celah-celah keamanannya sendiri, seperti yang paling populer adalah munculnya virus shortcut yang memanfaatkan celah keamanan Autorun Windows. Saat pertama kali update, mungkin akan terasa lama, apalagi jika sobat menggunakan versi Windows yang lebih lama, untuk sobat Blogger yang masih menggunakan Windows 7 SP0, silahkan kunjungi halaman ini untuk mendownload Patch Update Windows 7 SP1 Offline Installer. Dengan melakukan update pada Windows, diharapkan virus ecek-ecek tidak mudah menembus keamanan Windows milik sobat.
  • Windows 7 : Update Windows Defender
    Windows Defender merupakan software antivirus bawaan Windows 7 (Windows Vista ada gak yah yang beginiannya). Namun sayangnya, software ini tidak menyertakan fitur Real-Time Scanning, sehingga sobat Blogger harus melakukannya secara manual. Di dalam Start Menu, sobat Blogger tidak akan menemukan software ini, sehingga jika sobat Blogger hendak melakukan update, buka terlebih dahulu Windows Defendernya dengan menuliskan "Windows Defender" di dalam inputbox "Search Programs and Files".


  • Gunakan Antivirus
    Ini adalah cara yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Ya, memang cara ini yang dianggap paling mudah, namun hati-hati dalam memilihnya yah sob. Untuk pengguna Windows mungkin tidak akan kesulitan mencari antivirus yang bagus dan gratis, namun bagaimana untuk pengguna Mac dan juga Linux? Jangan khawatir, bagi pengguna Mac bisa mengikuti LINK INI untuk mendownload Avast! Free Antivirus for Mac. Dan bagi pengguna Linux, bisa mengikuti LINK INI untuk mendownload Avast! Free Antivirus for Linux.
  • BackUp data
    Kenapa harus dilakukan backup? Karena kemungkinan bisa saja terjadi, walaupun sobat Blogger menggunakan antivirus sehebat apapun, ada kalanya virus dapat menyebar ke dalam PC. Menurut situs pengetes antivirus terkemuka, tidak ada antivirus yang mendeteksi keberadaan virus sampai 100%, oleh karenanya sangat disarankan melakukan backup data agar semua data yang ada bisa aman. Backup data bisa dilakukan dengan menggunakan media lain semisal External Harddisk atau media penyimpanan online. Beberapa situs media penyimpanan menyediakan tempat yang tidak terbatas kepada membernya. Sangat disarankan pula mengatur securitynya menjadi Private, agar data-data yang bersifat pribadi tidak bisa dilihat orang lain.

OK,, saya mau ganti topik nih sob. So.... topik yang ini udahan dulu yah,, semoga bermanfaat..

{ 2 comments... read them below or Comment }

  1. ok nih infonya untuk widos xp juga sama ya gan

    ReplyDelete
  2. Kurang lebih sama gan,, hanya saja tidak ada Windows Defendernya..

    ReplyDelete

You can leave a comment to request any article(s), software(s), ebook(s) or report the dead link.
Then I will reply as soon as I can :)

Welcome to My Blog

- Copyright © Madriva -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -

/* script Youtube Responsive */