Posted by : Rhyf Ahmad Sunday, May 27, 2012

Masih seputar situs jejaring sosial milik Mark Zuckerberg, Facebook. Yang baru-baru ini telah melirik sebuah Web Browser berjuta ummat, Opera. Loh koq, Facebook ga ngincer Firefox aja yang mempunyai pengguna lebih banyak?
Urusan Browser PC, Firefox memang jagonya, tapi jika  kita menggunakan perangkat mobile, Opera jauh lebih dominan ketimbang Firefox, UC Web atau bahkan NetFront. Mengapa Demikian?
Kita simak yang satu ini.

Opera Web Browser memang dikenal kehandalannya dalam mengkompress sebuah halaman web menjadi lebih kecil ketimbang Web Browser lainnya, karena sebuah halaman web yang akan ditampilkan akan diperkecil terlebih dahulu di dalam server Opera. Di perangkat mobile, salah satu produk Opera yaitu Opera Mini menjadi sangat tersohor karena faktor ini. Karena Opera mampu menampilkan sebuah halaman web lebih cepat ketimbang lainnya. Selain itu menurut sebuah riset, Opera Mini saat ini telah mempunyai 168 juta pengguna yang sebagian besarnya adalah pemuda, seperti saya. Hehe..
Menurut CEO Facebook, dengan Opera Mini di tangan para Pemuda ini,  Facebook mempunyai potensi untuk memperlebar jangkauan sayapnya di pangsa pasar. CEO juga meyakinkan para investor jika Facebook membeli Opera, maka beberapa iklan akan tampil lebih banyak ketimbang hanya pada sebuah perangkat PC.


Namun walaupun demikian, para pengguna Opera tentu saja merasa kurang berkenan atas ide Facebook ini. Pasalnya, sudah dipastikan halaman Facebook akan menjadi sedikit lebih lama termuat karena berdesakan dengan iklan-iklan yang terpampang di sana-sini. Waduh-waduh..
Kekhawatiran tidak hanya muncul di kalangan pengguna Opera saja, namun juga para petinggi Apple dan Google merasa khawatir.  Dih, ikut-ikutan khawatir aja sih? Ya iyalah, secara Apple juga mempunyai Web Browser juga kan? Yakni Safari, yang dikabarkan juga akan memperluas jangkauannya tidak hanya pada perangkat iPhone atau iPad saja, tetapi akan dikembangkan untuk dapat diinstall di perangkan Windows Mobile dan juga Java. Lalu, bagaimana dengan Google yang ikut-ikutan khawatir?
Google Chrome dan juga Apple Safari mungkin merasa cemburu karena Facebook lebih memilih Opera ketimbang mereka. hehehe...


Wajar memang jika Facebook melirik Opera. Browser yang pertama kali meluncur di dunia teknologi pada tahun 1994 ini memang seringkali menghadirkan gebrakan, mulai dari Tab Bar, Search Box yang terintegrasi, bahkan sampai Pop-up pun diintegrasikan ke dalam Web Browser ini.


Apakah proses akuisisi ini akan berlanjut? Kita liat saja nanti.

Leave a Reply

You can leave a comment to request any article(s), software(s), ebook(s) or report the dead link.
Then I will reply as soon as I can :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Recent Post

Recent Posts Widget
Instagram

- Copyright © Madriva -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -